BTS Kelas Inspirasi Jatim #2: Berbagi itu Seru!

Huaaaaaaaaaaaaaaaa (#mewek) “sumpah alay”
Saat menulis ini, bener bener sambil pilih soundtrack yang pas bingit di hati, biar tullisannya ngewakilin hati, biar nyampenya juga ke hati para pembaca. Uhuk uhuk uhuk oke perbaikin posisi #lebay
Yup jangan protes ya kalo tulisan ini malah berisi curahan hati yang gak penting hehehe. Dee bilang menulis itu adalah proses yang panjang, maka tulisan ini juga telah melalui waktu yang panjang dan hasil yang juga panjang. Hahahaha Pardon me.

29 September 2014
Hari ini, harusnya saya terbang ke sudut kota bandung. Duduk manis, tersenyum penuh semangat menyambut orang – orang hebat. Mendapat ilmu dan inspirasi baru dari para jurnalist senior Indonesia, juga dunia. Dengan gegap gempita dan hati berdebar karena bahagia. Mimpi yang tertunda.

29 September 2014
Di sinilah saya, di sudut pelosok desa. Berdiri penuh semangat menghadap bendera merah putih dengan siluet mentari dari kibas daun mangga. Di sinilah saya, siap menginspirasi dan berbagi ilmu, melihat senyum ceria anak-anak bangsa bersama lebih dari 1540 relawan dari 30 kota kabupaten di jawa timur. Menyalakan mimpi anak Indonesia. Mimpi yang nyata.

Sudahkah ada yang memberitahumu? Hidup itu sebuah pilihan?. Dan setiap pilihan yang kita buat, akan mengantarkan kita pada pilihan-pilihan lain. Sudahkah ada yang memberitahumu? Memilih mana yang baik dan buruk itu perkara mudah?. Namun menentukan langkah pertama dari dua pilihan yang sama-sama baik itu teramat susah. Ya, Butuh kewarasan dan tafakkur mendalam. Butuh jiwa yang bersih, untuk bisa melihat kemaslahatan yang lebih besar diantaranya. Bahkan dalil Imam Syafi’i pun serasa tak bisa meredam gejolak di jiwa saya kala itu. Tapi toh kita tetap harus menentukan pilihan bukan ?!.

Sama seperti pilihan saya jauh sebelum tanggal 29 September 2014 ini. Keduanya adalah impian saya, impian yang telah lama mengakar menunggu bersemai. Kalau saja salah satunya bisa diundur? Atau mungkin saya bisa membelah diri menjadi dua seperti Amoeba? Ah konyol sekali hehe.

Hmmm tahukah kamu sudah dua tahun saya menunggu hari ini, penantian panjang yang sempat timbul tenggelam. Ya tahun 2013 sebenarnya saya sudah mendengar tentang Kelas Inspirasi yang sebelumnya telah mendengar juga tentang Indonesia Mengajar. Tapi berhubung Indonesia mengajar kerap menempatkan para pengajar mudanya di luar Jawa, yang notabene tidak akan mendapat restu dari orang tua, saya pun exited waktu tahu tentang KI ini.

Saya tetap bisa bekerja di sini, tidak bertentangan dengan orang tua, plus tetap bisa berbagi ilmu di dunia pendidikan! Seru? Haha tentu! Tapi karena saya tahunya juga telatttt, plus waktu itu sosialisasi media yang kalo menurut temen-temen panitia juga belum seheboh tahun ini, akhirnya saya ndak bisa ikut. Baik itu sebagai relawan pengajar maupun relawan panitia. Hiks hiks hiks.

Padahal tuuu…di detik-detik terakhir saya udah janjian mau ketemu di hari breafing (ikut jadi panitia) tapiiiii saya udah ditinggal aja sama panitia. hiks hiks. Secara ya belom begitu kenal sama panitianya, mereka mungkin juga udah rempong mikirin persiapan, jadi mungkin mereka abai. Jadilah saya pulang hohoho (tentunya dengan semangat tahun depan kudu bisa)

Alhamdulillah Tuhan selalu mendengar doa-doa hambanya :))) . Tahun ini terbayar dengan manis. See? Tuhan tu baik banget bukan?! selalu ngasih pengganti yang insyaallah lebih indah. Amiinn. Insyaallah.

Semenjak kepanitiaan belum terbentuk (halah sok tau) saya sudah mengikuti kehebohan KI 2014 di kota kota lain, karena pengalaman tahun sebelumnya yang gatot (baca: gagal total) membuat saya follow twitter KI termasuk KI Madiun hehe. Sampai akhirnya saya bertemu dengan panitia yang njelalah juga masuk di acara news tempat saya bekerja untuk talkshow tentang KI ini. Yah win win solution lah hehehe.

Yaudah deh dari situ makin akrab dengan panitia, eeee temenku ternyata juga gabung jadi relawan panitia, yawes makin tau lah tentang perkembangan KI Jawa Timur 2 khususnya di Madiun. Tapiii…… yaaaa yang namanya lastminute girl bener dah, udah tahu dari seumur jagung, eh benih deng, tapi belum juga daftar -____-“. Pekerjaan jadi kambing hitam hehe.

Yup emang njelalahnya juga suibuk banget, sampe gak sempet mikir, malah hampir maju mundur mau ikut apa gak, soalnya keadaan kantor yang mengkhawatirkan kalo ditinggal ijin hohoho. Dan juga karena ada undangan VOA Affiliates Conference itu T.T. Eeeee alhamdulillah lagi yaaa ternyata kepala department saya juga minat pengen ikut, pas tanya aku boleh ikut gak jawabnya boleeehhhh. Horeeeeeeee!!!!! :mrgreen: . Girang beneerrr… tapi teteup belum aplly ke website KI hoho. Padahal nih yaaa sebenernya dimintain jadi panitia juga bantu temen-temen, tapi tiap acara selalu pas aku gak bisa… yawes.

Daaannnn masih inget banget di detik-detik sebelum KI ditutup di hari terakhir pendaftaran, dengan essay yang dibagus-bagusin hehe sign up lah daku. Lately, ternyata diperpanjang katanya jadwal pendaftaran, hahaha untung gak tau yak, kalo tahu mah bisa lebih mepet lagi apply-nya hahaha. (skip please!)
And the storyyy began……..jeng jeng

Udah dinyatakan lolos. Yes. Udah mulai-mulai mikir mau digimanain ntar kelasnya waktu hari inspirasi. Pusing lagi. Secara banyak ide, tapi waktu kan terbatas, snewen kan ntar kalo adik-adiknya gak exited, trus garing gimane dooongg. Hadeeee sampe briefing yang notabene H-2 masih bingung, udah mulai kebayang sih sebenernya mau diapain kelasnya, tapi eksekusinya biar smooth masih bingung, udah buat—-mahkota ilmu pengetahuan, rainbow card, mau bikin pohon cita-cita juga , replika TV juga—-aahhh kemaruk lah hoho. Tapi akhinya beberapa di-cut, karena, satu, Lokasinya jauuhhh dan super fantastik (baca: naik turun khas pegunungan haha). Kite naik motor cuy. Dua, closing-nya udah ada cap cita-cita yawes diminimalisir, diubah lagi lesson plan-nya haha (rempoongg cyiinnn *kata-kata ini akhirnya jadi makin booming karena ada relawan fotografer kita namanya uchin :p)

Yaudahlah yaaa… namanya juga buat anak-anak musti perfect doongg. Harus pake hati, biar nyampenya juga di hatinya anak-anak, guru, dan semua relawan hehe.
Dan tibalah kita di due date. Aduh pake balada telat segala, semua rombel udah pada berangkat huftt. Padahal bangunnya juga udah dari sebelum subuh, tetep ajah mulek. Rempong karena satu mahkota kurang, trus mau print naskah eeee kabelnya malah mau kobong (baca: kebakaran) wuaduhh. Rusuh banget dah. Haha maappp yak teman teman.

CIMG4553

meski telat tetep poto-poto sebelum berangkat -_-

Dan benar saja, medannya super memacu adrenaliln! jalan menanjak, lika-liku dan sampe jatuh deh relawan fotographer kita yang nyetir sendirian huhu keeepppp spiiiriiiitttt!!!. Bagi saya pribadi medan ini justru bikin saya tambah semangat memberikan yang terbaik. Secara udah jauh-jauh, udah cuti kerja juga masak cuman lempeng ngasihin materinya hehe.

IMG-20140928-WA0013

selamat datang ladang menginspirasi

Alhamdulillah ya gak telat nyampe sekolah malah masih sepi hihihi guru-guru belum dateng. Yawes dah para relawan asyik beli jajan haha, Bu Lia (sang dosen) sama si Agung ( si peneliti primata) juga si dani (fasilitator), darmawan (sang ahli programme development), sama yeni (fasilitator) langsung addict ngrubungin tukang jualan pentol hahaha. Kapan lagi kaann merasakan jadi anak SD sungguhan. :p

*CIMG4574

sempatkan njajan dulu ya kakaknyaaaa ^^

sempatkan njajan dulu ya kakaknyaaaa ^^

The True Fight dimulaiii…..
Kegiatan diawali dengan pasang-pasang spanduk dan narsist haha.

Sebelum dipasang foto sama banner duluuu hihihihi

Sebelum dipasang foto sama banner duluuu hihihihi

IMG_9932 IMG_9933

Upacara pun dimulai, amazing-nya meskipun berada di daerah pelosok ternyata sudah menggunakan billingual untuk prosesi upacaranya. Memang udah kelihatan sih dari kepala sekolahnya waktu briefing dan dari bangunan yang udah lumayan bagus untuk dareah yang cukup terpencil ini. Tapiiiii ada yang bikin nyesek jugaaaa T.T adik-adik paduan suaranya—not in Not a.k.a pitchies—nyanyiin mengheningkan ciptanya hiks hiks.
Gak false sih cuman nadanya meleset-meleset gitu, ada yang kurang tinggi dan ada yang memang salah melodi. Gemes sekaligus miris, ya ampuuunn gini neh pentingnya seorang ahli mengambil peran mengajar. Apalagi ini anak kan masih SD yaaa, kalau udah salah kan bisa kebawa sampe gede huhuhu. Dan itu tu lagu wajib loohhh kok gurunya juga gak briefing sih huhuhu. Atau bisa jadi gurunya juga kurang ahli dalam mengajar bernyanyi, atau mungkin muridnya susah nangkep. Secara yaaa lagu wajib sekarang kalah sama lagu korea dan dangdut koplo -________- . Semoga ntar kalo ada kesempatan ngajar, bisa benerin ya, dan ngajarin anak-anak lagu-lagu yang sepantasnya didengar oleh anak-anak seusianya aminnn.

Usai upacara kita perkenalan singkat gitu hehe . Ada ibu Arielia Yustisiana yang mengenalkan dirinya sebagai dosen, ada Darmawan Lahru Riatma sebagai seorang kepala cabang di bidang software dan games programming, ada Agung Imansyah seorang peneliti primata dari Bogor dan aku sengaja sok sokan cuman bilang anchor gitu biar anak-anak penasaran padahal gak ada yang penasaran hahahahadeeeee.

Selesai upacara ketemu dulu sama guru-guru, permisi lah ya buat ngubek-ngubek kelasnya hahaha. Yaudah abis itu langsung cusss masuk kelas. You know what? Semua keluar dari jadwal. Fiuh. Ane kebagian kelas dua di jam pertama gituuuu. Gimana gak snewen coba, masak udah di kasih kelas belia waduuu entar kalo mereka gak nyaut diajak ngomong gimanaaa -_-.

But surpriseeeeeee sungguh mood booster-nya justru di kelas iniii, hehe bocil-bocil ini (baca: bocah kecil) langsung exited sama akuu, pas kenalan tentang profesiku. Pas aku nunjuk peri ilmu pengetahuan dengan mahkota yang udah aku buat hehe. Mereka semangat sekali meski malu-malu.Tapi memang agak pada belum ngerti ya pas aku ajak games tebak gambar siapakah akuu hehe. Secara masih kelas dua, mungkin verbal dan logikanya belum segitunya paham istilah kepala negara, kepala kabupaten hihihi. At least it done nicely. :))))

IMG_20140929_103701

praktek tebak gambar bersama peri ilmu pengetahuan

Apalagi saat aku mulai mengeluarkan senjata a.k.a mic, tripod, handycam, dan logo Ngranget TV, SD tempat kami mengajar (yang sengaja aku buat biar mereka merasa punya TV sendiri jadi berasa crew beneran). Hmmm mereka langsung sumringah ajah gituh. Wow, pada rebutan pengen jadi presenter hahaha. Pada pengen megang semuaaaa, praktek jadi broadcaster. Sampe ada yang nangis gegara desek-desekan hihihi untung yak ada wali kelasnya yang masih muda dan super imut hihi… ikut-ikutin videioin anak-anak juga yang lagi praktek hehehe (meski pake hape).

itu dia wali kelasnya yang sweet ^^ tapi lupa namanya -_-

itu dia wali kelas 2 yang sweet itu ^^ maaf lupa namanya -_-

Hahaha dan saking riweuhnya yaaa sampe gak kerasa kalo waktunya udah over ahahha panitia rusuh bolak balik masuk kelas ngasih tau waktu abisss hahaha padahal anak-anak masih belum puas praktek. Yaudah deh pengalaman kelas sebelumnya, kelas berikutnya langsung mempersingkat waktu biar pesan utama KI untuk menanamkan nilai kejujuran, pantang menyerah, kerja keras dan disiplinnya nyampe ke anak-anak. Plus doa yaaa biar cita-citanya diijabah Allah amin. Jangan lupa juga rajin membaca ^^

pengenalan peralatan untuk shooting

pengenalan peralatan untuk shooting

praktek merekam gambar

praktek merekam gambar

proses shooting dimulaiii ^^

proses shooting dimulaiii ^^

anak-anak praktek menjadi seorang reporter presenter dan mewawancarai narasumber

anak-anak praktek menjadi seorang reporter presenter dan mewawancarai narasumber

Hahaha sampe lupaaa ngasih hadiah ade-ade. Tapi ya kebalik gitu kelas atas 4,5,6 malah suka malu-malu pas diajakin praktek, padahal pas poto bareng pada gaya semuaaaa hahahahaha (narsist mah tetep kakaaa :p ) .

DSC_1148

Akhirnya di sini hadiahnya cukup berguna buat jadi mood boosternya anak-anak. Dan setelah semua selesai mengajar kegiatan ditutup dengan ramah tamah dan cap lima jari warna-warni yang disisipkan nama dan cita-cita. Gak cuma anak-anak loo, para fasilitator dan relawan pun ikut melakukan cap jari. Alhamdulillah tidak lupa kamipun foto bersama 😀

semua sibuk cap lima jari

IMG_4825

semua sibuk cap lima jari

IMG_4828

dan nulis nama serta cita cita mereka

IMG_4816

IMG-20140929-WA0025

numpang narsist hihihi

Well, buat relawan semua, yang tahun depan mau ikut juga, emang menurut saya penting untuk bawa peralatan sesuai profesi, serta menciptakan learning aid yang menyenangkan. Karena anak-anak akan mudah bosan bila kita hanya nyerocos teori doang. Sebisa mungkin saya membuat mereka bisa mengalami menjadi seorang broadcaster. Untuk itu saya melibatkan anak-anak untuk praktek langsung memproduksi sebuah tayangan.

sedia senjata sebelum berperang

sedia senjata sebelum berperang

Jadi ada yang saya posisiskan menjadi reporter, ada yang jadi presenter, cameramen, floor director dsb. Memang tidak semuanya bisa dipraktekkin, dan kadang susah juga membuat learning aidnya. Tapi yang terpenting tidak hanya sekedar narsist mengenalkan profesi kita, tapi juga menanamkan nilai-nilai semangat meraih mimpi, dan melecut motivasi mereka untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya. Siapalah saya, hingga bisa berdiri dan menginspirasi seperti ini. Saya hanya berusaha mewujudkan mimpi saya dan berbagi. Maka campur tangan Tuhanlah yang menentukan.

Ingat kan bumi ini memiliki gaya tarik-menarik. Bila kamu terus meng-upgrade diri, selalu menuju kebaikan, insyaallah, juga akan dikumpulkan dalam hal-hal yang positif. Amin.

Finally, Meski 29 september 2014 ini saya gagal mengikuti VOA affiliates conference yang entah kapan lagi ada, namun saya tidak menyesal. Apalah arti memperkaya keilmuan diri, jika tidak bermanfaat? Jika semua jadi presiden, lantas siapa yang akan menciptakan presiden-presiden selanjutnya? Salut sama para penggerak pendidikan. Meski sedih itu tetap ada. Tetapi, Di sini sayapun bertemu banyak sekali orang-orang hebat. Saya tidak hanya menginspirasi tetapi mendapatkan banyak inspirasi baik dari relawan, fasilitator, guru bahkan dari anak-anak ini. Kepolosan mereka, wajah-wajah haus ilmu, membuat saya kembali bersemangat untuk terus belajar dan terus bersenyawa meraih cita-cita.

Saya yakin semua yang bergerak untuk mensukseskan Kelas Inspirasi di seluruh Indonesia khususnya KI Jawa Timur 2 Madiun ini adalah orang-orang hebat. Orang – orang yang tidak hanya memajukan pembangunan bangsa melalui keahliannya, namun juga memiliki sosial responsibility yang tinggi. Orang-orang yang sadar makna iuran kehadiran. Terimakasih semuanya, Semoga kita dipertemukan kembali dengan cerita yang berbeda. Indonesia butuh kalian semua.

bersama para guru serta relawan Kelas Inpirasi Madiun #KIJatim2 Dari kiri Uchin (fotografer), Dani (fasilitator), Darmawan (Inspirator), Agung (inspirator), Yeni (Fasililator), Aurelia (Inspirator), saya, Ida ( fotografer)

bersama para guru serta relawan Kelas Inpirasi Madiun #KIJatim2
Dari kiri Uchin (fotografer), Dani (fasilitator), Darmawan (Inspirator), Agung (inspirator), Yeni (Fasililator), Aurelia (Inspirator), saya, Ida ( fotografer)

ketahuan kaannn guru gurunya juga suka narsist :"D

ketahuan kaannn guru gurunya juga suka narsist :”D

before chaos

before chaos

will miss this much :*

will miss this much :*

Sudahkan ada yang memberitahumu?

Jika profesi itu panggilan hati, maka menginspirasi itu adalah kebesaran jiwa.

Photo credit TIM KI SD Ngranget Madiun JATIM 2

Advertisements

Long Time No See, I Get New One

It has been so long to see what happened in the garbage…. 😛

Yups, I can’t say I am a blogger or writer. I just try to say what i feel. That’s why I named this blog “UNGKAPKAN” 😀

Yeahhh…. so many new mosaic come to my little life.  New adventure just needs a new folder to save it in.

—– on DPRD —–

—– on Dinas Pasar —–

—– on KEJARI —–

Absolutely, I dislike it much, but strike the secret and report it, is one of the challenge to pass away. Just try to learn more and find a complete marvelous mosaic 🙂 🙂 🙂

Suaraku Mengalihkan Duniaku

Waktu terasa menghimpit nafasku….lama aku terpekur dalam dunia baru yang memang menjadi sebuah obsesiku dahulu

net_radioYups…on on ‘n on, itulah kegiatanku sehari-hari…yups dengan modal suara yang gak sebagus sang diva tapi aku cukup bisa mengalihkan dunia para pendengar diluar sana, meski terpisah oleh jarak waktu n ruang….

Dulu menjadi seorang broadcaster adalah sebuah hal yang amat memacu naluriku untuk melebarkan sayapku di dunia musik. Sejak kecil aku memang selalu hidup diantara lantunan nada yang membuat nadiku bergetar dan musiklah yang selalu membesarkan namaku. Continue reading