Verbalisme & Doa

Semenjak mengangkat diri dari sujud dan menenggelamkan diri dengan kesibukan siap-siap berangkat ngantor akhirnya aku telah menyadari bahwa telah berada ditengah teriknya aspal jalan yang hitam menyilaukan terpapar matahari. Namun beginilah adanya, aku selalu seperti termasuki roh verbalisme yang membuat kata-kata jatuh satu-satu ke otakku terangkai dan menari begitu saja di benakku sembari mata mengawasi gerak lalu lalang kendaraan di jalanan.

Huh. Sebegitu melankoliskah aku seusai membaca novel? 😳 . Hahahaha 😆 . Memang. Selalu saja ada hadiah tanya atau renungan kecil yang menyelakar di hati dan pikiran—Asa. Cinta. Perjuangan. Hidup—Semburat tersirat dalam novel-novel yang kerap mampu menguasai jiwa dan membuatku terjaga berjam-jam dalam deretan kata dan tumpukan kertas berjilid.

Dan kali ini tanpa sadar entah darimana, mataku memanas, bukan karena kelilipan debu jalan, bukan juga dari serangga usil yang nyasar kemataku. Satu-satu buliran air mata terasa asin dan telah berpindah dari sudut mataku kini di ujung bibirku yang kering oleh siang.

Berulang-ulang rangkaian kata-kata itu tersusun sendiri dalam benak dan membayang di hati meresap seperti air mataku yang menembus pipi. Seperti rentetan doa.

 Tuhan hamba tahu sejak dulu Engkau diam-diam mendengar dan menyimpan mimpi-mimpi kecil saya, hingga menyembulkan mimpi itu ke permukaan, dan disini, di hati saya, dimana tertimbun selaksa rasa dan asa masih ada segumpal mimpi yang belum utuh,  yang entah seperti apa, namun hamba tahu Engkau telah menyusunnya, menyimpannya disana. Indah. Menyejukkan. Bersemangat. Dan Engkau akan membantu saya meraihnya.

 Dan teringat sapa bapak saat berpapasan di tikungan sebelum berangkat, “hati-hati ndok…!” ditemani raut mukanya yag khas antara senang, sedih, bangga, haru, ditengah gurat tuanya yang mulai sering terlihat. 😥 😥 😥

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s